Informasi

Petani Hadiahi Bupati Asmat Sekarung Padi

 Petani Hadiahi Bupati Asmat Sekarung Padi

Para Petani Kampung Sagare, Distrik Auyu, Kabupaten Asmat sedang serius mendengar arahan Bupati Asmat Elisa Kambu, S.Sos di Balai Kampung Sagare

 

 

ASMAT -  Para petani di Kampung Sagare, Distrik Pantai Kasuari memberi hadiah sekarung padi gabah kepada Bupati Kabupaten Asmat, Elisa Kambu, S.Sos sebagai bentuk terima kasih terhadap komitmen Pemerintah Asmat menjadikan Kampung Sagare sebagai pusat lumbung pangan Kabupaten Asmat.

 

“Saya mendapat hadiah sekarung gabah dari para petani tadi. Luar biasa,  mereka lagi panen sekarang,” Ujar Kambu bangga menyaksikan rakyatnya giat mengolah sawah ketika pulang menuju Agats, di Kampung Baru, Distrik Auyu, Senin (13-2).

 

Dari pantauan media ini,  raut wajah para petani lokal yang memiliki sejarah masa lalu terkenal dengan kebiasaan nomaden itu berseri-seri. Kabag Humas Pemda Asmat, Reza Mohammad Abdila, S.IP dan media ini berusaha menuju areal persawahan hendak memotret fakta di lapangan. Tampak,  masyarakat Kampung Sagare sedang memanen padi.

 

Petrus Tetu L berceritera memulai menanam padi di Kampung Sagare sambil menghantar Kabag Humas Pemda Asmat dan media ini mengisahkan, pertama bibit di datangkan dari malang. “Saya lihat tanahnya cocok untuk menanam padi. Saya mendatangkan bibitnya dari Malang. Saya coba, ternyata hasilnya bagus. Lalu, saya mengantar hasil itu ke Dinas Pertanian. Lantas Dinas sambut dengan memulai kembangkan persawahan di tempat ini, begitu kisah awalnya,” Kata Tetu seraya memasang gaya bersama rekannya ketika diajak dipotret bersama mesin rontok padi di sekitar areal persawahannya.

 

Ia mengatakan, hasil panen setengah hektar berdasarkan pengalaman selama ini tanpa pupuk satu ton setengah. “Saya baru kembangkan satu hektar lebih sedikit. Yang baru dipanen setengah hektar. Hasilnya satu setengah ton. Itu tanpa pupuk. Dan saya berharap kalau pemerintah kembangkan secara besar-besaran gunakan pupuk organik saja,” harapnya.

 

Warga petani di Kampung Sagare mengeringkan padinya di atas ruas jalan jembatan dan ada pula yang mengeringkan padinya di seputar jalan menuju areal persawahan. Pemandangan itu hampir mirip,  ketika  kita menyaksikan para petani di Kabupaten Merauke. Dan para petani lokal tampak sibuk memperbaiki terpal menjemur padi di seputar irigasi penampung air untuk mengairi sawah. (Sapa)

Copyright © 2017 - Pemerintah Kabupaten Asmat