Informasi

Sejak 2012 Masyarakat Asmat Telah Memiliki E-KTP

Sejak 2012 Masyarakat Asmat Telah Memiliki E-KTP 

Ilustrasi

 

ASMAT - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispencapail) Kabupaten Asmat, Agustinus Ohoitimur, S. Sos mengungkapkan, sejak 2012 lalu seluruh masyarakat Asmat telah memiliki Kartu Penduduk Elektronik (E-KTP). Pemberian E-KTP ini, sebagai salah satu bentuk pelayanan prima yang diberikan kepada masyarakat.

 

“Kami selalu berupaya memberikan pelayanan prima, khususnya terhadap kepengurusan E-KTP. Dan pelayanan itu sudah diberikan mulai 2012 lalu, sehingga saat ini masyarakat Asmat sudah memiliki E-KTP,”jelasnya saat ditemui Salam Papua di kantornya, Jalan Safan Nomor 2, Selasa (14/2).

 

Sementara menyangkut dengan jaringan, kata Agus, untuk masalah jaringan, memang diakui tidak lancar 100 persen. Tetapi tidak mengganggu pelayanan perekaman E-KTP. Hanya saja, pada saat jaringan terganggu, pihaknya tidak bisa memberikan cetakan E-KTP secara langsung, sehingga harus menunggu.

 

“Untuk masalah jaringan ini, kami sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Bahwa karena masalah jaringan, sampai saat ini perekaman E-KTP masih dilakukan,”tuturnya.

 

Ia menambahkan, perekaman terhadap E-KTP ini akan terus dilakukan. Ini dikarenakan untuk mendata jumlah penduduk di Kabupaten Asmat secara menyeluruh. Dan untuk pendataan penduduk tersebut, pihaknya telah menurunkan tim pendata yang langsung turun ke 23 distrik.

 

"Untuk pendataan jumlah penduduk, kami pakai sistim jemput bola. Dimana dalam dua atau tiga bulan kami ke distrik - distrik untuk melakukan perekaman,”terangnya.

 

Ia menambahkan, kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki identitas diri lumayan tinggi. Sebab hampir setiap hari selalu ada warga baru yang datang untuk melakukan perekaman dan mengurus hal - hal lain, seperti Kartu Kelurga ataupun akte keluarga.

 

"Rata-rata masyarakat yang datang ke dinas mencapai puluhan orang. Mulai dari yang muda sampai tua. Dan untuk anak-anak yang baru lulus pun ikut melakukan perekaman. Ini dilakukan, agar mereka bisa ke luar kota atau pergi kuliah,”ungkapnya.(Sapa)

Copyright © 2017 - Pemerintah Kabupaten Asmat