Informasi

Wabup Asmat Lepas Kontingen Penas KTNA ke XV

Wabup Asmat Lepas Kontingen Penas KTNA ke XV

 

Kontingen Penas KTNA Asmat foto bersama dgn Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo usai Wabup melepas kontingen

ASMAT – Wakil Bupati Asmat, Thomas Eppe Safanpo, ST melepas secara resmi Kontingen Pekan Nasional  (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XV yang akan berlangsung pembukaannya di Stadion Lhong Raya Banda Aceh 6 -11 Mei 2017. Pelepasan itu di tandai dengan penyerahan bendera kontingen kepada Ketua Kontigen Penas KTNA Kabupaten Asmat.

 

“Saya minta kepada seluruh peserta Penas KTNA Kabupaten Asmat,  walau bukan sebagai peserta tetapi sebagai peninjau Penas KTNA ke XV di Banda Aceh.  Itu yang saya dapat informasi dari Kepala Dinas. Jadi, peserta kesana bukan untuk jalan-jalan. Kesana itu untuk menimba ilmu dan pengalaman dari daerah lain untuk mengembangkan pertanian dan nelayan di daerah ini,” kata Thomas dalam sambutannya ketika melepas kontingen Kabupaten Asmat, di Aula Ja Asamanam Ap Camar, Jum’at (28/4) pagi.

 

 Menurutnya, keikutsertaan dalam kegiatan seperti itu diharapkan petani dan nelayan bisa menyerap berbagai ketrampilan, ilmu dan pengalaman dari daerah lain untuk mendorong pengembangan pertanian dan nelayan di Kabupaten Asmat. Sehingga, peserta KTNA dapat meningkatkan ketrampilan secara pribadi maupun kelompok dan muara akhirnya bisa mensejahterakan ekonomi keluarga dan masyarakat pada umumnya.

 

Turut hadir dalam pelepasan kontingan penas KTNA ke XV Kabupaten Asmat itu, diantaranya Asisten I Setda Kabupaten Asmat, Yustus Kakom, S.Sos, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian, M. Iqbal Rimosan SP, M.Si dan kontingen Penas KTNA ke XV Kabupaten Asmat.

 

Ketua Kontingen Penas KTNA ke XV Kabupaten Asmat menyebutkan sasaran dari Penas KTNA itu sebagai wadah pertukaran ilmu pengetahuan dan pertukaran informasi dari berbagai peserta Penas KTNA untuk mengkatkan dan mengembangkan usaha dan agrobisnis dalam usaha pertanian, nelayan dan hasil hutan. 

 

“Itu yang perlu saya sampaikan kepada Bapak wakil Bupati soal tujuan dari Peserta KTNA Kabupaten Asmat mengikuti Penas KTNA ke XV di Banda Aceh. Dan saya perlu sampaikan pula, pelaksanaan Penas KTNA ke XV itu berlangsung 6 – 11 Mei 2017 yang akan datang. Kami bertolak dari Asmat sekitar tanggal 2 Mei 2017 menggunakan kapal cepat ke Timika dan selanjutnya dengan pesawat ke Aceh via Jakarta,” ujarnya.

 

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Pertanian Kabupaten Asmat, M. Iqbal Rimosan, SP, M.Si menyampaikan keikutsertaan kontingen Penas KTNA Kabupaten Asmat sesuai tugas dari Propinsi Papua bukan sebagai peserta tetapi sebagai peninjau. Meskipun demikian, ia menegaskan keikutsertaan kontingen Penas KTNA Asmat dalam rangka menimba ilmu pengetahuan, ketrampilan dan penukaran informasi. Karena, petani dan nelayan di Kabupaten Asmat tidak kalah dengan peserta dari kabupaten lain. 

 

“Kami juga akan memperkenalkan potensi unggulan kami, di bidang pertanian seperti padi. Dan potensi unggulan dari sektor nelayan, misalnya iukan asin dan gelembung ikan. Nah, dengan potensi unggulan i8ni, petani bisa melihat dan menimba pengalaman dan saling meukar informasi bahwa mereka tidak kalah dengan petani dan neyan dari daerah lain. Lalu, mereka juga bisa menyerap berbagai informasi dan pengalaman dari tempat lain untuk mengembangkan pertanian dan nelayan di Kabupaten Asmat,” katanya. (Sapa)

Copyright © 2017 - Pemerintah Kabupaten Asmat