Informasi

Bupati Asmat: Masyarakat Harus Utamakan Pendidikan Anak

Bupati Asmat: Masyarakat Harus Utamakan Pendidikan Anak

 

Bupati Asmat Elisa Kambu ketika berdialog dengan masyarakat.Bupati Asmat Elisa Kambu ketika berdialog dengan masyarakat.
 

ASMAT | Bupati Asmat, Elisa Kambu meminta agar masyarakat di kabupaten yang dipimpinnya itu mengutamakan pendidikan bagi anak mereka. Selain itu, masyarakat juga harus memprioritaskan kesehatan keluarga.

 

“Kita punya niat membangun Asmat, tapi kemampuan kita juga terbatas. Sehingga itu dilakukan secara bertahap,” kata Elisa Kambu di Kampung Atambut, Distrik Betcbamu, Minggu (13/5) sore.

 

Dalam kunjungan kerjanya, Bupati Asmat didampingi Kepala BPKAD Asmat Halasson Frans Sinurat, Kepala Dinas PU Asmat, Wakapolres Asmat dan Pabung Kodim 1707/Merauke. Elisa Kambu berdialog dengan warga Atambut di rumah adat Jew (rumah bujang).

 

“Kita semua punya tekad agar Asmat lebih baik dari sekarang. Kita juga harapkan banyak putra-putri Asmat mengambil peran dalam membangun kabupaten ini,” sambungnya.

 

Supaya generasi Asmat bisa berperan dalam pembangunan, Elisa Kambu meminta agar masyarakat menyekolahkan anak-anak mereka. 

 

“Supaya mereka pintar dan bisa jadi polisi, dokter, suster, guru, tentara, anggota DPR, camat, bupati dan sebagainya di Asmat ini. Kalau tidak sekolah, berarti kita tetap nonton saja,” ujarnya.

 

Ia menegaskan pendidikan harus menjadi prioritas utama. Selanjutnya, masyarakat juga harus memprioritaskan kesehatan keluarga mereka. 

 

“Kesehatan menjadi prioritas kedua. Sehat itu tidak turun dari langit. Kita harus bekerja agar lingkungan sehat, kampung dan rumah bersih,” katanya.

 

Menurut dia, masyarakat Asmat memiliki potensi pangan yang cukup di lingkungan sekitar mereka seperti ikan, kepiting, udang, sagu, umbi-umbian dan lainnya. Masyarakat harus memanfaatkan pangan yang tersedia untuk kecukupan gizi keluarga.

 

“Ikan, udang dan kepiting ini jangan sering dibakar. Direbus, supaya ada gizi yang baik. Lalu beri makan anak-anak dan ibu hamil, supaya mereka bisa dapat asupan gizi yang cukup,” ujarnya.

 

Elisa Kambu menerangkan, ibu hamil yang mengonsumsi ikan, udang dan kepiting setelah melahirkan akan memiliki ketersediaan air susu yang banyak dan sehat untuk bayinya.

 

“Juga harus konsumsi pisang, papaya, sayur dan buah-buahan lainnya supaya anak-anak kita bisa sehat,” pungkasnya. (Seputarpapua.com)

Copyright © 2024 - Pemerintah Kabupaten Asmat