Informasi

BUPATI ASMAT PASTIKAN SEGERA SALURKAN BANTUAN SOSIALBUPATI ASMAT PASTIKAN SEGERA SALURKAN BANTUAN SOSIAL

20200618182846-fbimg1592323670075

 

 

ASMAT- Pemerintah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua segera menyalurkan sejumlah bantuan sosial untuk 24 distrik dan 224 kampung di wilayah itu.

 

Rencana penyaluran akan dilaksanakan pada Kamis 11 Juni 2020 mendatang.

 

Hal ini disampaikan langsung Bupati Asmat Elisa Kambu saat melakukan sosialisasi BTS di Kampung Kamur Distrik Pantai Kasuari, Asmat, Senin (8/6).

 

Sejumlah Bansos yang akan doserahkan antara lain, Program Keluarga Harapan (pkh), kartu Sembako dan Bantuan Sosial Tunai Kemensos (BST Kemensos).

 

Selain itu, Bantuan Sosial Tunai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (BST APBD) dan Bantuan Sosial Tunai Dana Desa (BST DD).

 

Jumlah data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk empat bantuan sosial yakni, PKH, BST sembako, BST APD sebanyak 11.948 kepala keluarga (KK).

 

“11.948 KK ini adalah jumlah penerima manfaat untuk empat bantuan diluar BST Dana Desa ujarnya.

 

Hal ini dikarenakan, Pemda Asmat masih merampungkan data BST Dana Desa. Tujuannya untuk memastikan masyarakat yang betul- betul tidak terdaftar dalam empat bantuan sosial sebelmnya agar bisa diakomodir di BST DD.

 

BST Dana Desa tidak disalurkan langsung, akan tetapi sebanyak tiga tahap.

 

Untuk tahap I, Kamis mendatang sebanyaj 15 persen. Dilanjutkan tahap II juga sebanyak 15 persen dan yang terakhir tahap II sebanyak 10 persen.

 

“Hari Kamis (11/6) nanti untuk BST Dana Desa akan disalurkan hanya untuk tahap pertama saja. Dan setiap KK hanya mendapat 1 bantuan sosial. Tidak bisa lebih.”katanya.

 

Lanjut bupati, semua bantuan sosial ini diberikan dalam berbentuk uang tunai.

 

“Untuk BST Sembako, sistimnya masyarakat mengambil uang dan belanjakan sembako sesuai kebutuhan masing- masing,”imbuhanya.

 

Sementara, tempat penyaluran bantuan tersebut difokuskan di 6 titik distrik. Hal ini dikarekan enam distrik tersebut sudah ada kantor cabang Bank BRI.

 

Enam titik distrik yaitu, Distrik Agats, Distrik Pantai Kasuari, Distrik Fayit, Distrik Atsj, Distrik Suator dan Distrik Sawa Erma.

 

“Jadi keenam titik ini telah dijadwalkan agar seluruh warga kampung dan distrik yang bertetangga diharapkan menyesuaikan untuk mengambil haknya “jelasnya

 

Penyaluran BST oleh Pemda Asmat, bekerjasama degan Bank BRI, Bank Papua, Kantor Pos Asmat, dan tim setempat.

Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat