Informasi

Dinas Lingkungan Hidup Sosialisasikan Rancangan Perbup tentang Noken Pengganti Tas Plastik

20190930143005-743f420ee77989401314a1741cbb74fb

 

 

KOMINFO ASMAT|Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asmat menggelar Focus Group Discussion (FGD), guna membahas Rancangan Peraturan Bupati Asmat terkait dengan Pemanfaatan Noken sebagai pengganti tas plastik di berbagai tempat perbelanjaan di Agats, Jumat (20/9).

 

Diskusi Publik yang berlangsung di Aula Kesbangpol Kabupaten Asmat itu dibuka oleh Asisten II Setda Asmat, Daniel Rumruren. Kegiatan dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah, Aktifis, Tokoh Masyarakat Dan Para Kepala Kampung.

 

 

Asisten II Asmat, Daniel Rumruren menjelaskan bahwa pemanfaatan Noken sebagai pengganti tas plastik bertujuan untuk menekan penggunaan kantong plastik dan mengurangi jumlah sampah di Kota Agats, Ibu Kota Kabupaten Asmat.

 

 

Selain itu, penggunaan noken lebih ekonomis disbanding kantong plastic. Noken hanya sekali dibeli, dan wagra dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang lama (diperkirakan 10 hingga 20 tahun).

 

 

Memang terlihat ,noken lebih mahal, tapi dalam jangka panjang justru noken lebih hemat dan ramah lingkungan. Selain itu membantu meningkatkan perekonomian masyarakat loka;,” ujarnya.

 

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Asmat, Yuli Rasdi mengatakan diskusi publikterkait pemanfaatnya noken di agats dilaksanakan selama tiga hari. Pihaknya juga akan mensosialisasikan penggunaan noken kepada warga secara  luas.

 

 

“Rasdi menambahan ini, kami akan melakukan sosialisasi kepada warga di kota agats, dan pihaknya telah berkoordinasi dengan Keuskupan Agats, Dinas Pariwisataasmat dan sejumlah komponen, guna membantu menyalurkan noken ke berbagai tempat usaha.

 

 

Setelah melakukan sosialisasi di Agats, sosialisasi penggunaan noken akan dilanjutkan di distrik lain. Kita harapkan masyarakat bisa memanfaatkan noken, guna mengurangi penggunaan tas plastik,” pungkasnya.

(Editor: Herry_Bay)

 

Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat