Informasi

DITEKSI KANKER SERVIKS SEJAK DINI, KADIS KESEHATAN AJAK PARA IBU-IBU LAKUKAN PEMERIKSAAN IVA

20190906063825-7

 

 

ASMAT [KOMINFO),- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asmat Riechard R.B Mirino, SKM, M.Kes            dalam sambutannya pada acara pemeriksaan IVA (Inpeksi Visual Asam Asetat) Kanker Serviks yang dilakukan oleh Bhayangkari Cabang Asmat dalam rangkat HUT hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke 67 di Polsek Agats mengatakan bahwa pemeriksaan sangat bagus dan sangat bermanfaat dilakukan oleh wanita yang sudah menikah. Sebenarnya bukan hanya ibu-ibu saja tetapi remaja putri yang belum menikah dan mempunyai beberapa keluhan pada area kewanitaan bisa turut serta melakukan pemeriksaan ini.

 

“Kita tidak akan tau apa yang terjadi dalam tubuh kita selama kita tidak melakukan pemeriksaan dalam. Kanker Serviks sendiri sudah menjadi penyakit mematikan yang menyerang wanita. Penanganan Kanker Serviks sendiri biasanya sudah tidak bisa dilakukan lagi karena penderita mengetahui dirinya mengidap kanker pada saat sudah stadium akhir. Ini dikarenakan mereka melakukan pemeriksaan pada saat sudah benar-benar sakit. Untuk itu, segala penyakit bisa dicegah dan diperpanjang umurnya dengan melakukan deteksi sejak dini,”ungkapnya.

 

Dikatakan bahwa karena kepedulian Bhayangkari kepada wanita khususnya ibu-ibu yang ada di Asmat agar terhindar dari Kanker Serviks. Oleh sebab itu, dirinya merasa bangga kepada Bhayangkari karena melakukan kegiatan ini. Dirinya sebagai Kepala Dinas Kesehatan merasa bangga dengan apa yang dilakukan. Banyak kasus yang ditemukan tentang Serviks ini, misalnya seorang ibu pada usia 50 tahun yang sudah manepose tetapi masih mengalami menstruasi dalam jumlah banyak dan jangka waktu yang panjang, nyeri pada menstruasi dan sakit perut yang berkepanjangan tetapi ada juga yang tidak merasakan apa-apa. Namun setelah dilakukan pemeriksaan IVA bisa dideteksi apakan ada gelaja-gejala kanker atau tidak.

 

“Sebaiknya pemeriksaan dilakukan sejak dini, jadi kalau ibu-ibu melakukan pemeriksaan dan ditemukan kanker stadium akhir maka tidak akan ada pengobatan lagi hanya dilakukan kemoterapi saja dan hanya tunggu waktu saja. Kalau sudah terlambat selain penyakit yang tidak bisa disembuhkan, dana yang dikeluarkan juga sangat besar,”ujarnya.

 

Lanjutnya, ia berharap para wanita dan ibu-ibu untuk antusias melakukan pemeriksaan IVA ini, jangan ada stigma negativ pada saat diperiksa. Sakit sedikit saat pemeriksaan adalah wajar tetapi manfaat yang didapat sangat luar biasa dan dapat berpengaruh bagi kehidupan keluarga selanjutnya.

 

“jangan ada kata takut untuk melakukan suatu pencegahan dini, lebih baik diketahui dari awal dan hasilnya masih bisa diobati daripada diketahui pada saat sudah tidak bisa diobati lagi. Sayangi diri, sayangi keluarga dan jauhi Serviks dengan melakukan diteksi sejak dini,”tandasnya. [kiky]

 

Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat