Informasi

PASKIBRA ASMAT SIAP KIBARKAN MERAH PUTIH

20190829070807-5220190829071038-45

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ASMAT [KOMINFO] ,- Bagian terpenting dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI adalah Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih atau lebih dikenal dengan PASKIBRA. Dari tahun ke tahun Kabupaten Asmat sudah melaksanakan tradisi ini dan setiap tahunnya selalu ada peningkatan dalam pemilihan anggota Paskibra. Tidak seperti tahun sebelumnya tahun ini sedikit berbeda, dimana seleksi anggota paskibra dilakukan di 3 sekolah berbeda dan dia 2 Distrik yaitu SMA Negeri 1 Agats, SMA YPPGI Agats dan SMA Negeri 1 Atsj.

 

 

Menurut penuturan salah Pelatih Paskibra dan sekaligus yang melakukan seleksi Bripka. Muh. Yusuf, SH mengatakan bahwa seleksi dilakukan sejak bulan Maret 2019. Seleksi dilakukan secara bertahap diawali dari Purna kemudian siswa yang terpilih diserahkan kepada anggota TNI dan Polri untuk dilatih baris berbaris. Tahap pertama dilakukan seleksi di SMA Negeri 1, panitia melihat postur tubuh, tinggi badan, kesigapan peserta. Lalu bergeser ke SMA YPPGI dan SMA Negeri 1 Atsj.

 

 

“Dari ratusan siswa yang ikut seleksi, dipilih 60 peserta dan akhirnya dipilih 43 yang akan mengikuti latihan Paskibra. 43 orang terdiri dari 15 wanita dan 28 pria, didampingi 4 orang Anggota TNI dan Polri,”ujarnya.

 

 

Dikatakan bahwa, untuk tahun ini formasi yang digunakan masih sama dengan tahun lalu namun untuk pembawa baki sendiri akan didampingi oleh 4 orang anggota dari TNI dan Polri. Latihan yang dilakukan kurang lebih selama 4 bulan, banyak menyimpan kenangan. Baik dari pelatih maupun anggota paskibra sendiri. Terutama dari anggota paskibra, yang mana mereka dibina dan diajarkan mulai dari nol tentang latihan baris berbaris.

 

 

“Suka duka dalam membeikan latiha baris berbaris tentu ada. Apalagi mereka (Anggota Paskibra-red) sama sekali belum mengenal dasar baris berbari. Sehingga kami dari tim pelatih perlu ekstra sabar untuk membimbing mereka. Melatih disiplin dan mempersiapkan mental itu yang utama kami terapkan. Alhamdulillah segala perjuangan bisa terlihat hasilnya dan anggota paskibra siap mengibarkan bendera Merah Putih di Tanah Asmat,”tukasnya.

 

 

Dirinya menjelaskan bahwa untuk memberikan penghargaan kepada anggota Paskibra, Pemerintah Kabupaten Asmat melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga telah menyiapkan Tabungan Pendidikan Nasional (TAPENAS-Red) kepada masing-masing anggota sebesar Rp. 6.000.000 dan diberikan Sertifikat.

 

 

“Saya dan beberapa pelatih merasa bangga kepada Anggota Paskibra yang dari awal begitu semangat untuk mengikuti kegiatan ini. Cuaca tidak menghalangi tekad meraka untuk menunjukan yang terbaik. Saya sebagai salah satu pelatih merasa yakin bahwa mereka akan menyelesaikan tugas dengan baik,”tandasnya.

 

 

Untuk diketahui, kegiatan Paskibra ini dapat berlangsung dan terselenggara berkat dukungan yang difasilitasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Asmat melalui Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga. [kiky]

Nama-Nama Pelatih Paskibra :

  1. Subecky, SH (Pembina)
  2. Muh. Yusuf, SH (Pelatih)

Pengawal Baki Bendera Merah Putih :

  1. Brigpol Nikodemus Wakelulu (Polri)
  2. Brigpol Jimmy F.F Maro (Polri)
  3. Sersan Satu Zulham Nasution (Yalet 1707)
  4. Sersan Dua M. Tamyis (Koramil)

Danton Paskibra :

  1. Yulius Jeneres (Upacara pagi)
  2. Asrom joni Nau (Upacara Sore)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat