Informasi

Pemkab Biayai Puluhan Anak Asmat di 2 Kampus Unggulan, 5 Dokter Diseleksi Juni

20220623073441-cf4062d9cac34cbba59424c3f499a743

Senin, 23 Mei 2022 17:30 WIT

 

 

 

ASMAT | Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Asmat Aloysius Pasauran menyampaikan, mendukung  generasi muda menempuh pendidikan di perguruan tinggi  adalah misi Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wabup Asmat Thomas E. Safanpo.

 

 

Hal ini disampaikan Kabag Kesra saat memantau pelaksanaan ujian seleksi masuk dua perguruan tinggi unggulan di Indonesia di SD YPPK Salib Sucih Agats, Senin, (23/5/22).

 

 

“Mendukung generasi muda melanjutkan studi di perguruan tinggi unggulan adalah program Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wabup Asmat Thomas E. Safanpo,”ucapnya.

 

 

Sebagaimana dijelaskan dalam misi Bupati Asmat Elisa Kambu dan  Wabup Thomas E Safanpo dalam point pertama yaitu, meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan infrastruktur dasar yang merata di seluruh pelosok Kabupaten Asmat.

 

 

Atas dasar itulah, Kata Kabag Kesra untuk mendukung misi tersebut, Pemkab Asmat membiayayi anak-anak Asmat lanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi.

 

 

Dikatakan pula, sejumlah kampus unggulan di Indonesia telah dilakukan kerjasama dengan Pemda Asmat

 

 

“Buktinya kedua kampus yang telah dilangsungkan ujian seleksi kepada anak-anak Asmat yaitu Kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Universitas Sanata Sharma (USD) Jogjakarta,”jelasnya

 

 

Pelaksanaan ujian yang diikuti ratusan anak-anak Asmat ini  dilangsungkan Senin, 23-24 Mei 2022. Puluhan anak-anak akam diterima dia dua kampus tersebut.

 

 

Sesuai kuota, untuk Unhas diterima 40 calon mahasiswa dan USD 20 oran.

 

“Setelah ujian ini, lolos dan tidaknya akan  disampaikan oleh  kedua pihak Kampus tersebut sesuai kuota ditetapkan,”tuturnya.

 

Selanjutnya, jika suda diumumkan,Kata Kabag Kesra,anak-anak yang telah lolos ujian seleksi akan di antar untuk mengikuti kuliah baik di Unhas jurusan perawat gigi  maupun dan USD jurusan guru PGSD.

 

Ia berharap, anak-anak yang dinyatakan lulus bisa betah dan  selesaikan studi kuliah hinga akhir, hingga kembali mengabdi di Kabupaten Asmat sesuai bidang masing-masing.

 

 

Dilain sisi, Kabag Kesra mengakui pula, bulan Juni 2022 mendatang akan dilaksanakan  ujian seleksi penerimaan lima colon dokter dikhususkan untuk anak asli Asmat dan Papua Papua lainnya.

 

 

“Dan mereka akan menempuh pendidikan  di Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung ,”jelasnya

 

 

Nantinya, pihak Kampus Unpad Bandung akan datang langsung di Asmat melakukan  proses  ujian seleksi.

 

Selain itu, di tahun 2023 mendatang, Bagian Kesra Setda Asmat juga akan melakukan kerjasama dengan Universitas Udayana Bali Fakultas Parawisata

 

 
 

“Kita sedang dalam penjajakan kerjasama, semoga tahun depan anak-anak di Asmat bisa menempuh pendidikan di Fakultas Parawisata Udayana Bali,” tutur Kabag Kesra.

 

 

“Semoga menjadi fondasi awal untuk kemajuan Kabupaten Asmat  menuju masyarakat Asmat yang maju, mandiri sejahtera dan bermartabat berbasis budaya lokal,”pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter : Faqi Difinubun
 
Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat