Informasi

Ratusan Anak Asmat Ikut Seleksi Masuk Dua Universitas Unggulan di Indonesia, Kerjasama dengan Pemkab

20220623070533-b86d198f11544cfbb83e474bde74219fJumat, 20 Mei 2022 20:03 WIT

 

 

KOMINFO-ASMAT | Ratusan anak di  Kabupaten Asmat, Provinsi Papua  akan mengikuti ujian  seleksi pada dua universitas unggulan di Indonesia.

 

Ujian seleksi masuk perguruan tinggi dilaksanakan oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Asmat pada 23 dan 25  Mei 2022.

 

“Dua universitas  yang melakukan ujian seleksi kepada anak-anak kita  adalah Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar dan Universitas Sanata Dharma (USD) Jogjakarta,”kata Kabag Kesra Asmat Aloysius Pasauran kepada Seputarpapua.com, Jumat (20/5/2022).

 

 

Dua kampus unggulan tersebut bekerjasama dengan Pemkab Asmat.

 

Dikatakan,  pada dua universitas tersebut, anak-anak Asmat yang dinyatakan lolok akan masuk dalam dua bidang  konsentrasi jurusan, yakni di Kampus USD Jogjakarta sebagai PGSD  dan  Unhas Makassar sebagai perawat gigi.

 

Kabag Kesra menjelaskan,  kuota  mahasiswa dari Asmat yang akan diterima oleh kampus Unhas Makassar  berjumlah 40 orang. “30 orang anak Asli Asmat dan Papua dan Non Papua 10 orang,” kata Kabag Kesra.

 

Sementara, untuk kampus  Universitas Sanata Dharma  Jogjakarta menerima mahasiswa asli Asmat sebanyak 20 orang.

 

“Jumlah kuota 20 orang ini adalah semuanya adalah anak-anak asli Asmat,”ujarnya.

 

Jadwal ujian akan dilangsungkan dua hari, Senin untuk anak-anak yang mengikuti seleksi di Universitas Sanata Dharma (USD) Jogjakarta dan  Selasa 25 Mei 2022 untuk mereka  yang lanjutkan perguruan tinggi di Unhas Makassar.

 

Kata Kabag Kesra,  jumlah anak yang ikut seleksi lebih dari kuato yang diterima oleh dua kampus. “Yang ikut seleksi di USD  68 orang dan Unhas  59 orang, dan kami hanya selenggarakan ujian seleksi, nantinya yang umumkan lulus dari pihak kampus sesuai kuato yang ada,”paparnya.

 

Kabag Kesra juga mengatakan, Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wakil Bupati Asmat Thomas E Safanpo sangat serius  terhadap pengembangan pendidikan di Kabupaten Asmat.

 

“Sala satunya meningkatkan SDM dengan membiayai generasi muda Asmat  untuk  melanjutkan  kuliah di perguruan tinggi yang terbilang unggul di Indonesia,”pungkasnya.

 

Selain Unhas dan Sanatha Darma, saat ini Pemkab Asmat melalui bagian Kesra juga sedang membuka komunikasi dengan  Fakultas Parawisata  Universitas Udayana Bali.

 

“Semoga komunikasi ini berjalan lancar, sehingga tahun depan kita kirimkan anak-anak melanjutkan kuliah di Kampus Udayana Bali,”pungkasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Reporter : Faqi Difinubun
Editor : Mish
Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat