Informasi

WABUP ASMAT BUKA MTQ KE-II TINGKAT KABUPATEN

20200902140727-fbimg1599030175502

 

KOMINFO-ASMAT- Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo membuka lomba Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Asmat ke-II Tahun 2020, Minggu (30/8) malam.

 

Lomba MTQ dilangsungkan di Lapangan SD Yapis, Distrik Agats, dengan tema 'Dengan MTQ kita Lahirkan Generasi Qur'ani yang Berakhlak dan Berwawasan Islam.

 

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Asmat Thomas Eppe Safanpo memberikan apresiasi dengan gelaran lomba MTQ. Pemda dalam mendorong potensi kecerdasan dan kreatifitas anak- anak, khusunya kaula muda muslim di Asmat.

 

Untuk itu, Tomas meminta kepada panitia mengawali pelaksanaan MTQ agar berjalan baik dan lancar, adar ada keterwakilan dari Asmat di tingkat provinsi disetiap mata lomba.

 

"Semoga mendapat bibit-bibit unggul dalam sejumlah mata lomba, agar nantinya mewakili Kabupaten Asmat dalam ajang MTQ tingkat provinsi mendatang,"kata Thomas.

 

Thomas menambahkan, pemda selalu memberi ruang kepada agama apapun untuk melaksanakan kegiatan kerohanian. Karena wujud majunya suatu daerah adalah terbukanya ruang akses untuk semua agama.

 

"Tidak ada pili kasih, karena selain mendukung kami membuka ruang agar segala aktivitas keagamaan di Asmat berjalan dengan sebaik- baiknya,"ujar Thomas.

 

Thomas pun berharap, kerukunan antar umat beragama yang sudah terjalin sangat baik di Asmat agar harus dijaga.

 

"Umat Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu tetap satu, untuk mewujudkan Asmat yang maju, sejahterah dan bermartabat,"imbuh Thomas.

 

Sementara, Ketua Panitia H. Hairullah Bausad mengatakan, jumlah peserta yang ikut dalam lomba MTQ kali ini sebanyak 30 peserta.

 

Adapun kategori lomba, yaitu Tartil, Hifzil Quran, Tilawah dan Kaligrafi.

 

Menurut Hairullah, meski Kabupaten Asmat masuk dalam zona hijau penyebaran Asmat masuk dalam zona hijau penyebaran Covid- 19, namun semua peserta wajib memakai masker, dan pemeriksaan suhu tubuh.

 

"Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tangggal 30-31 Agustus 2020," kata Hairullah.

 

Sementara itu, pada pembukaan lomba MTQ ini hadir pula Ketua DPRD Asmat Yoel Mangoprau dan jajaran, Pabung Kodim 1707 Merauke/Asmat Mayor Czi.Abdul Komar, Ketua LPTQ Asmat Syamsul Agas.

 

Selain itu, Imam Besar Mesjid An-Nur Agats H.Zainudin Rumadaul, Kaubag Tata Usaha Kemenag Asmat Wihelminus Kolyaan, Kepala OPD Asmat, Ketua KAHMI Asmat Jamal Zein Matdoan, Ketua GP Ansor Asmat Afwan Seknun, serta tamu undangan lainnya.

 

 

 

 

 

 

20200902140727-fbimg1599030194918

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor       : Melania Ohoiwutun

 

Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat