Informasi

WARNA WARNI KEMERIAHAN HUT RI KE 74

20190828154841-0

 

 

 

KOMINFO [AGATS],- Bulan Agustus menjadi begitu berbeda bagi masyarakat Kota Agats, dimana wajah ibu Kota dirubah menjadi lebih cantik dan indah dengan warna-warna pelangi yang dicat dipagar-pagar pembatas jalan. Tidak hanya di pusat kota, Pemerintah Daerah melalui Dinas PUPR dan dibantu dengan masyarakat setempat mengecat pagar pagar di bagian gang-gang masuk. Dipasar dolog Pasukan TNI mengecat jalan dengan cat warna warni sehingga masyarakat setempat menyebutnya jalan pelangi.

 

 

Bukan hal yang biasa, kegiatan ini segaja dilakukan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 74 tahun 2019. Dibanding tahun tahun sebelumnya, tahun ini perayaan HUT kemerdekaan terlihat lebih meriah. Kalau pada tahun tahun sebelumnya hanya OPD yang bergerak untuk mengatur rangkaian kegiatan tujuhbelasan, berbeda dengan tahun ini masyarakat turun langsung kelapangan mengadakan berbagai kegiatan dan perlombaan. Mereka juga turut ambil bagian dalam karnaval indah dan membersihkan lingkungan tempat tinggal.

 

 

Dari beberapa wawancara dengan beberapa warga, mereka menyatakan bahwa untuk tahun ini begitu berbeda, mereka tidak hanya diam dirumah tetapi turut ambil bagian dalam perayaan HUT RI. Seperti yang terjadi di pasar dolog, masyarakat mengadakan perlombaan di gang pelangi yang diikuti oleh warga dolog baik ibu-ibu maupun anak-anak. Mereka mengadakan perlombaan membuat tumpeng, lomba makan kerupuk dan masih banyak perlombaan yang diadakan. Agar tidak terjadi kericuhan pada saat perlombaan, pihak dari TNI yang bertugas di Kota Agats mengawasi jalannya pertandingan tersebut.

 

 

“Pertandingan dimulai dari pukul 14.00 Wit dan berakhir sampai malam hari. Kami sangat menikmati moment ini karena hanya terjadi satu tahun sekali. Sebenarnya bukan kemenangan yang menjadi keseruan perlombaan ini tetapi perjuangan anak-anak dan ibu-ibu untuk mencapai tujuan kemenangan, mereka berusaha sekuat tenaga. Sampai sampai kami yang menonton ikut terbawa emosi dan tidak henti-hentinya memberikan semangat,”ujar salah seorang ibu yang berdomisili dipasar dolog.

 

 

Pemerintah Asmat sudah melaksanakan kegiatan yang luar biasa menyambut HUT RI dan apa yang dilakukan disambut baik oleh masyarakat. Terbukti atusiasme masyarakat untuk ikut menyukseskan berbagai kegiatan dan mempercantik wajah Ibu Kota Agats dengan cat warna warni serta umbul-umbul yang dipasang didepan rumah masing-masing. Jiwa nasionalisme masyarakat Asmat sudah mulai terlihat, terbukti walaupun di Asmat banyak suku dan agama yang berbeda tetapi persatuan yang terjalin lewat perlombaan yang aman menunjukkan bahwa mereka adalah Bhineka Tunggal Ika.

 

 

 

 

Copyright © 2022 - Pemerintah Kabupaten Asmat